Fakta BlackBerry: Bikin Bangkrut Tua dan Muda
Waktu abis pulang dari tugas keluar kantor harian (kantor pajak, bank, dll),
gua mau ketawa waktu naek lift mo ke kantor. Di depan gua bediri 3 anak
SMA ngobrol tentang BB, dan itu buat gua rasa lucu banget. Kira-kira
omongannya tuh kayak gini:
SMA 1 : Oh tuang, kita so 3 hari nda online ee.
SMA 2 : Ih, ada ba Twitter dang?
SMA 1 : Beda kasiang, maksudnya ta pe FB.
SMA 3 : Perasaan ngana baru beli pulsa tadi? Ba online jo noh (sambil tunjuk BB-nya dia)
SMA 1 : Iyoh, mar so abis pulsa le ini. Padahal baru isi 10 (ribu).
SMA 3 : Ada pake ba apa so?
SMA 1 : 5 ribu so langganan BB dang, kong 2 ribu ada telpon pa 'dia' (cowoknya) noh. Dia kwa pake IM3 kong kita pake simpati. Abis noh..
SMA 2 : So itu langganan bulanan jo kwa, supaya murah..
SMA 1 : Mau jo, so mo abis ta pe jajan tiap bulan.
SMA 3 : Pake Tri jo, murah kwa cuma 55 ribu. Minta pa Mamak le noh isi akang.
SMA 1 : Adoh, mo ganti2 kartu le, kalo cuma Gemini bole jo.
SMA 2 : Ganti Bold jo kwa.
SMA 1 : Eh, ini (Onyx) lebe mahal dari Bold tau! Mo dapa marah le baru satu bulan so mo ganti ulang.
Dan waktu lift dibuka gua ketawa-ketawa ngedenger ocehan anak-anak bawang. Huf, kasian gua liat mereka, jadi korban gaya hidup.
Gua inget waktu internship di Indosat taon 2008, rata-rata pegawai (khususnya yang di marketing) udah pada pake BB dengan paket korporat Indosat. Malah yang gua perhatiin, fungsi BB buat mereka itu cuma satu: Menerima dan mengirim email disaat tidak di kantor. Untuk kegiatan nelpon atau sms, mereka pake hape laen. Jadi, rata-rata mereka minimal punya 2 hape. Gila, salah satunya BB yang taon begitu (blom booming kaya sekarang) bisa smpe 5 jutaan untuk seri 8310 kaya punya Presiden Barack Obama. Untuk harga pasaran sekarang, BB 8310 (versi refurbish kali) cuma 1,7 jutaan! Kebayang kan turunnya?
Setelah booming BB, para artis rata-rata pake BB dan para fans pun gak mau ketinggalan buat beli BB biar sama kaya artis idolanya. Yah, artis-artis itu emang sengaja di jadiin endorser buat nge-booming-in BB, jadi RIM (Research in Motion) harusnya berterima kasih kepada unofficial brand ambassador mereka, yaitu artis Indonesia. Mereka sendiri (para artis) mengakui lebih suka BB karena fitur kirim dan terima email kaya SMS. Selain itu, fitur BBM (BlacBerry Messenger) yang bikin gampang orang buat di hubungin jadi sangat disukain. Sayangnya, promosi kebelakangan ini (yang di blow-up oleh advertising provider selular Indonesia) BB adalah 'tools' untuk online! Yup, fungsi BB yang dari corporation communication solution bergeser menjadi lifestyle para orang yang doyan online di dunia maya, khususnya social networking kaya FB, Twitter, Friendster (emang masih ada ya hari gini FS?) dan instant messaging kaya Yahoo messenger. Terima kasih atas promosi gencar para provider selular!
Gua perhatiin, karena BB udah dianggap menjadi lifestyle seseorang mereka menilai status sosial orang sekarang diliat dari 'punya BB gak loe?', atau istilah kerennya untuk tanya punya BB ato gak adalah 'cuy, minta PIN loe donk?'. Mereka yang merasa ter-push karena tidak punya BB, jadi bersemangat sekali untuk punya BB. Dari anak sekolahan yang orang tuanya (mungkin) pegawai kantoran biasa, mulai ancam-ancam untuk beli BB. Ato contoh nyata yang gua liat, untuk saingan sama temen satu kantornya sampe rela-rela kredit BB dengan bunga (yang gua itung) gede banget! Apakah setelah punya BB terus selesai? Sapa bilang? Jika kita mau menggunakan BB sebagaimana mestinya, kita mesti menggunakan BIS (BlackBerry Internet Service) yang memakan biaya post-paid (pasca bayar). Istilahnya, setelah kita bayar langganan untuk satu waktu, maka kita bisa menikmati layanan email, chating, online dan BBM 'sepuasnya' sampe pada periode pembayaran selanjutnya. Sederhananya, kita musti 'kasih makan' tiap bulan/minggu/hari untuk bisa online di internet. Nah, ini dia yang merupakan masalah lain dari BB.
Dari obrolan anak-anak bawang SMA di lift yang gua denger, kita bisa tebak sebenernya uang jajan anak SMA itu berapa seh? Karena dia pake paket harian (5 ribuan per hari) jadi kita bisa tebak jajannya itu gak banyak-banyak. Tapi ada yang komplain "Murah lagi cuma goceng tiap hari! Gak mahal-mahal amat koq.."
Okeh, 5 ribu kita kali selama 30 hari, kita bakal dapet 150 ribu! Sedangkan untuk pake bulanan, provider udah ada yang nawarin mulai dari 55 ribu per bulan. Jadi murah mana donk? Loe itung sendiri aja, gua gak pake BB masalahnya (kecuali dikasih orang, hehehe..).
Biaya-biaya yang untuk menghidupkan BIS inilah yang gua rasa bikin orang bangkrut. Mereka yang pake serasa 'gaul', tapi sebenernya fixed cost yang dikeluarin itu banyak banget! Coba kalo yang mereka keluarin buat BB diganti ama susu buat anak, ato makanan sehat, ato beli baju. Pasti ada kepuasan yang lain lagi dibanding abis di BIS yang gak tentu kita pake 24 jam (masa loe gak tidur seh cuy, cuma karena BBMan doank ato OL di FB?)
Tujuan tulisan saya sebenernya seh cuma satu, gak usahlah kita ikutin gaya hidup orang kalo kita juga masih berkekurangan. Gak usah maksa, itu intinya. Kita musti puas sama sesuatu yang kita punya. Daripada abis di BB, kan bisa ke warnet, lebih puas! Hehehe...mudah-mudahan orang yang baca pikirannya kebuka, trus bisa sadar.
SMA 1 : Oh tuang, kita so 3 hari nda online ee.
SMA 2 : Ih, ada ba Twitter dang?
SMA 1 : Beda kasiang, maksudnya ta pe FB.
SMA 3 : Perasaan ngana baru beli pulsa tadi? Ba online jo noh (sambil tunjuk BB-nya dia)
SMA 1 : Iyoh, mar so abis pulsa le ini. Padahal baru isi 10 (ribu).
SMA 3 : Ada pake ba apa so?
SMA 1 : 5 ribu so langganan BB dang, kong 2 ribu ada telpon pa 'dia' (cowoknya) noh. Dia kwa pake IM3 kong kita pake simpati. Abis noh..
SMA 2 : So itu langganan bulanan jo kwa, supaya murah..
SMA 1 : Mau jo, so mo abis ta pe jajan tiap bulan.
SMA 3 : Pake Tri jo, murah kwa cuma 55 ribu. Minta pa Mamak le noh isi akang.
SMA 1 : Adoh, mo ganti2 kartu le, kalo cuma Gemini bole jo.
SMA 2 : Ganti Bold jo kwa.
SMA 1 : Eh, ini (Onyx) lebe mahal dari Bold tau! Mo dapa marah le baru satu bulan so mo ganti ulang.
Dan waktu lift dibuka gua ketawa-ketawa ngedenger ocehan anak-anak bawang. Huf, kasian gua liat mereka, jadi korban gaya hidup.
Gua inget waktu internship di Indosat taon 2008, rata-rata pegawai (khususnya yang di marketing) udah pada pake BB dengan paket korporat Indosat. Malah yang gua perhatiin, fungsi BB buat mereka itu cuma satu: Menerima dan mengirim email disaat tidak di kantor. Untuk kegiatan nelpon atau sms, mereka pake hape laen. Jadi, rata-rata mereka minimal punya 2 hape. Gila, salah satunya BB yang taon begitu (blom booming kaya sekarang) bisa smpe 5 jutaan untuk seri 8310 kaya punya Presiden Barack Obama. Untuk harga pasaran sekarang, BB 8310 (versi refurbish kali) cuma 1,7 jutaan! Kebayang kan turunnya?
Setelah booming BB, para artis rata-rata pake BB dan para fans pun gak mau ketinggalan buat beli BB biar sama kaya artis idolanya. Yah, artis-artis itu emang sengaja di jadiin endorser buat nge-booming-in BB, jadi RIM (Research in Motion) harusnya berterima kasih kepada unofficial brand ambassador mereka, yaitu artis Indonesia. Mereka sendiri (para artis) mengakui lebih suka BB karena fitur kirim dan terima email kaya SMS. Selain itu, fitur BBM (BlacBerry Messenger) yang bikin gampang orang buat di hubungin jadi sangat disukain. Sayangnya, promosi kebelakangan ini (yang di blow-up oleh advertising provider selular Indonesia) BB adalah 'tools' untuk online! Yup, fungsi BB yang dari corporation communication solution bergeser menjadi lifestyle para orang yang doyan online di dunia maya, khususnya social networking kaya FB, Twitter, Friendster (emang masih ada ya hari gini FS?) dan instant messaging kaya Yahoo messenger. Terima kasih atas promosi gencar para provider selular!
Gua perhatiin, karena BB udah dianggap menjadi lifestyle seseorang mereka menilai status sosial orang sekarang diliat dari 'punya BB gak loe?', atau istilah kerennya untuk tanya punya BB ato gak adalah 'cuy, minta PIN loe donk?'. Mereka yang merasa ter-push karena tidak punya BB, jadi bersemangat sekali untuk punya BB. Dari anak sekolahan yang orang tuanya (mungkin) pegawai kantoran biasa, mulai ancam-ancam untuk beli BB. Ato contoh nyata yang gua liat, untuk saingan sama temen satu kantornya sampe rela-rela kredit BB dengan bunga (yang gua itung) gede banget! Apakah setelah punya BB terus selesai? Sapa bilang? Jika kita mau menggunakan BB sebagaimana mestinya, kita mesti menggunakan BIS (BlackBerry Internet Service) yang memakan biaya post-paid (pasca bayar). Istilahnya, setelah kita bayar langganan untuk satu waktu, maka kita bisa menikmati layanan email, chating, online dan BBM 'sepuasnya' sampe pada periode pembayaran selanjutnya. Sederhananya, kita musti 'kasih makan' tiap bulan/minggu/hari untuk bisa online di internet. Nah, ini dia yang merupakan masalah lain dari BB.
Dari obrolan anak-anak bawang SMA di lift yang gua denger, kita bisa tebak sebenernya uang jajan anak SMA itu berapa seh? Karena dia pake paket harian (5 ribuan per hari) jadi kita bisa tebak jajannya itu gak banyak-banyak. Tapi ada yang komplain "Murah lagi cuma goceng tiap hari! Gak mahal-mahal amat koq.."
Okeh, 5 ribu kita kali selama 30 hari, kita bakal dapet 150 ribu! Sedangkan untuk pake bulanan, provider udah ada yang nawarin mulai dari 55 ribu per bulan. Jadi murah mana donk? Loe itung sendiri aja, gua gak pake BB masalahnya (kecuali dikasih orang, hehehe..).
Biaya-biaya yang untuk menghidupkan BIS inilah yang gua rasa bikin orang bangkrut. Mereka yang pake serasa 'gaul', tapi sebenernya fixed cost yang dikeluarin itu banyak banget! Coba kalo yang mereka keluarin buat BB diganti ama susu buat anak, ato makanan sehat, ato beli baju. Pasti ada kepuasan yang lain lagi dibanding abis di BIS yang gak tentu kita pake 24 jam (masa loe gak tidur seh cuy, cuma karena BBMan doank ato OL di FB?)
Tujuan tulisan saya sebenernya seh cuma satu, gak usahlah kita ikutin gaya hidup orang kalo kita juga masih berkekurangan. Gak usah maksa, itu intinya. Kita musti puas sama sesuatu yang kita punya. Daripada abis di BB, kan bisa ke warnet, lebih puas! Hehehe...mudah-mudahan orang yang baca pikirannya kebuka, trus bisa sadar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar